Kamis, 04 Oktober 2012

Tugas Penjas BAB 2


BAB 2
PERMAINAN BOLA KECIL
     Permainan bola kecil teridiri dari beberapa permainan, yaitu
A. TENIS MEJA
                1. Cara memegang bet
     Cara memegang bet dibedakan menjadi dua macam diantaranya sebagai berikut
a. Penholder grip
     Penholder grip adalah cara memegang bet seperti cara memegang pena. Cara ini terbagi menjadi dua macam, yaitu
            1). Model RRC
            2). Model jepang
b. Shake hand grip
     Shake hand grip adalah pegangan dengan cara seperi berjabat tangan. Jari manis dan kelingking serta jari tengah menempel bet. Jari telunjuk ditempelkan di permukaan backhand bet. Sedangklan ibu jari ditempelkan di permukaan forehand bet dengan rileks di dekat jari tengah.
            2. Servis
     Servis adalah pukulan pertama yang dilakukan oleh server. Adapun pereturan servis adalah sebagai berikut.
1.         Bola ditelapak tangan
2.       Telapak tangan datar dan tidak bergerak
3.       Jari-jari dirapatkan dan jempol dipisahkan
4.       Bet dan tangan yang bebas diatas meja
5.       Bet dan tangan yang bebas di belakang garis
6.       Lemparkan bola setinggi 20 cm  atau lebih
7.       Tidak ada spin yang diakibatkan oleh lemparan
8.       Pukul bola saat bola turun
9.       Bola memantul hanya sekali di kedua sisi meja
3. Teknik memukul bola
a. Pukulan backhand
Pelaksanaanya adalah sebagai berikut
      Melangkah dengan badan agak diputar condong ke kiri dan kedua lutut direndahkan dengan rileks. Trik bet ke samping melalui depan badan kea rah belakang dengan kepala bet agak menghadap ke lantai dan lengan agak ke bawah dengan pergelangan diluruskan. Begitu bola datang membentur meja dan memantul. Pukul bola dengan ayunan penuh, dengan menggerakkan bet menggesek baguan belakang bola.
b. Pukulan forehand
Pelaksanaannya adalah sebagai berikut
      Melangkah kemudian condongkan badan ke depan dan ke kanan dengan sedikit memutar badan, rendahkan kedua lutut dengan rileks. Tarik badan ke belakang dengan kepala bet menghadap ke lantai dan lengan agak ke bawah. Pergelangan tangan diluruskan, begitu bola datang memantul meja, pukullah dengan ayunan penuh dan bet menggesek bagian belakang bola.
B. BULU TANGKIS
                1. Hakikat bulu tangkis
     Bulu tangkis merupakan permainan yang dilakukan secara single maupun double dengan cara menyebrangkan sebuah shuttlecock dengan alat raket yang dipegang oleh masing-masing pemain. Dalam permainannya dibatasi setiap 1 set mencapai 21 nilai dengan system rally point.
            2. Servis
     Servis adalah pukulan pertamakali untuk menyebrangkan shuttle cock ke arah diagonal di lapangan lawan pada daerah servis. Adapun servis ini dapat dilakukan dengan servis pendek, panjang, kejut, secara forehand maupun backhand.
            3. Pengembalian servis
     Pada teknik pengembalian servis kok disebrangkan jaring ke lapangan lawan, diusahakan jatuhnya kok jauh dari pemain lawan. Adapun pengembalian servis dapat dilakukan dengan cara mendorong bola, drive, drop shoot, serta melakukan smes.
            4. Pukulan drop shoot
     Pukulan net adalah pukulan yang dilakukan secara perlahan sehingga bola jatuh di dekat net. Adapun jenis-jenis pukulan net adalah sebagai berikut
a. Forehand drop
     Forehand drop adalah memukul bola dengan lembut melewati net. Pada saat melakukan, pergelangan tangan tegak mengacung, dan posisi raket vertikal.
b. Backhand drop
     Pukulan ini secara prinsip sama, hanya perbedaannya dilakukan dengan teknik pegangan back-hand
            5. Pukulan drop shoot
     Pukulan drop shoot adalah pukulan meluncurkan shuttle cock agar jatuh sedekat-dekatnya dengan net di bidang lawan. Pukulan drop shoot dilakukan pada saat shuttle cock berada di puncak ketinggian agar lawan tertipu dan tidak bisa menjangkau shuttle cock lagi
            6. Macam-macam pukulan smes
     Pukulan smes dilakukan untuk mematikan lawan dan kita memperoleh point. Macam-macam pukulan smes dalam bulu tangkis adalah sebagai berikut
a. Smes penuh
      Smes penuh adalah gerakan smes yang dilakukan dengan daun raket sepenuh tenaga. Smes ini cocok digunakan dalam permainan ganda
b. Smes potong/Cross smes
     Smes potong adalah sm,es yang dilakukan dengan cara menyilang dengan arah bola meluncur tajam dan terarah
c. Around the head smash (Smes lingkar kepala)
     Around the head smash adalah gerakan smes yang dilakukan apabila bola meluncur di depan pundak kiri. Smes ini dilakukan dengan lengan bergerak memutar megitari atas kepala disertai badan dimiringkan ke arah kiri.
d. Back-hand smash
     Back-hand smash adalah gerakan smes yang dilakukan dari posisi backhand dengan arah bola menukik. Smes ini dilakukan apabila bola datang di dekat net.
            7. Pengembalian smes
     Dalam pengembalian smes diusahakan shuttle cock jauh dari pemain yang melakukan smes atau tepat di badannya. Cara pengembaliannya dapat dilakukan dengan cara pukulan dekat net, drive, dan lob

Tidak ada komentar:

Posting Komentar